Benarkah Jika Pacaran Bisa Batalkan Puasa? Walaupun tidak gituan?

In DUNIA, ISLAMI, VIRAL

Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta malah mengamalkannya, maka Allah tidak butuh dari rasa lapar dan haus yang dia tahan,” (HR. Bukhari no. 1903).

Mengingat betapa bahayanya dosa bagi orang yang berpuasa, sejak masa silam para ulama telah menasehatkan agar kaum muslimin serius dalam menjalan puasa, dengan berusaha mengekang diri dari maksiat.

Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu berkata, “Ketika engkau berpuasa maka hendaknya pendengaran, penglihatan dan lisanmu turut berpuasa, yaitu menahan diri dari dusta dan segala perbuatan haram serta janganlah engkau menyakiti tetanggamu. Bersikap tenang dan berwibawa di hari puasamu. Janganlah kamu jadikan hari puasamu dan hari tidak berpuasamu sama saja,” (Latho’if Al Ma’arif, 277).

Al-Baydhowi rahimahullah mengatakan, “Ibadah puasa bukanlah hanya menahan diri dari lapar dan dahaga saja. Bahkan seseorang yang menjalankan puasa hendaklah mengekang berbagai syahwat dan mengajak jiwa pada kebaikan. Jika tidak demikian, sungguh Allah tidak akan melihat amalannya, dalam artian tidak akan menerimanya,” (Fathul Bari, 4/117).

Bahaya besar bisa mengancam mereka yang pacaran ketika puasa ramadhan. Bisa jadi puasanya tidak diterima di sisi Allah. Karena itu, segera hentikan kegiatan pacaran anda, dan ambil jalur yang dihalalkan, yaitu menikah. Wallahu waliyyut taufiq.

source: wajibbaca.com

Kehalaman Selanjutnya >>>

author
Author: 
    Pemotor Boncengan Ini Jadi Viral, Netizen: Positive Thinking Aja!
    Pemotor Boncengan Ini Jadi Viral, Netizen: Positive Thinking Aja!
    Perilaku pengendara motor memang beragam, ada yang
    1. author

      dara3 months ago

      postingan yg bgus…

      Reply

    Leave a reply "Benarkah Jika Pacaran Bisa Batalkan Puasa? Walaupun tidak gituan?"

    Must read×

    Top